Ratna Listy : Perempuan Hebat Miliki 4R

2755

Selebyes.com, Jakarta – Bagaimana membangun pribadi yang positif, bagaimana membangun perempuan yang hebat? Bagi Artis Ratna Listy, perempuan hebat itu adalah perempuan hebat bukan karena dia cantik, bukan karena dia kaya, bukan karena disampingnya ada lelaki yang sukses. Perempuan hebat itu adalah seorang perempuan yang selalu mampu menyelesaikan masalahnya sendiri diatas kakinya sendiri yang mengandalkan Tuhan. Dia tersenyum saat hatinya luka, dia mempesona karena memaafkan, dan dia memiliki kekuatan dari proses kehidupan.

Dikatakan Ratna Listy menjadi perempuan hebat harus memiliki 4R. Apa itu 4R? “R” pertama harus menjadi mother (Ibu) yang baik. Secara kodrat dia sudah pasti menjadi mother, karena dia harus hamil, melahirkan dan mendidik anak. Itu peran perempuan sebagai mother

“R” kedua teacher (guru). Ia harus bisa menjadi teacher yang baik. Menjadi guru yang baik bagi siapa? Tentunya bagi anak-anaknya. Sebelum anak masuk usia sekolah, pasti kan guru utama adalah Ibu, karena Al-ummu madrasatul ula. Ibu adalah guru utama dan terbaik, itu sudah pasti.

“R” ketiga harus menadi entertainer (menghibur). Tidak semua ibu menjadi artis. entertainer itu bukan dalam keartisan, tapi artinya bisa menghibur. Menghibur siapa? Ya anak- anaknya, supaya anak menurut dengan kata-kata yang menyenangkan, supaya mereka juga menjadi anak yang baik. Lalu suami dan juga sanak keluarga. Dan Kalau dia perempuan seorang pebisnis, bisa menjadi entertainer bagi mitra kerjanya.

“Secara pemikiran saya yang sangat sederhana, kalau kita menjadi pribadi yang menyenangkan, jual apapun pasti akan laku, karena mereka akan kasihan. Tapi kalau jadi orang yang sombong, jualan barang yang bagus pun orang malas beli,” ujar artis yang dikenal sebagai penyanyi keroncong, yang tetap bugar.

“R” keempat entrepreneur (jiwa usaha). Semua perempuan harus punya jiwa enterpreuner. Setiap perempuan harus punya jiwa entrepreneur, sehingga bisa mandiri. Memang banyak perempuan yang disokong suaminya dengan finansial yang cukup.

“Tapi kan kita tak tahu, umur ditangan Tuhan. Akan kelebakan ditinggal suami atau divorce, bagaimana cara memperjuangkan kelangsungan kehidupan anak-anaknya. Tapi jika dia punya jiwa entrepreneur, dia bisa mandiri secara finansial,” pesannya igo)